Kegiatan Bersih Desa / Rasul Desa Karangduwet

Administrator 07 September 2017 10:27:27 WIB

Seiring dengan kemajuan jaman serta peradapan jaman, dimana masyarakat menjadi berkembang dalam segala hal. Masyarakat tua maupun muda berbaur untuk maju agar tidak menjadi terpuruk dalam kemajuan. Dengan slogan “Nguri – nguri kebudayan Jawi” yang artinya melestarikan kebudayaan Jawa, Dan juga sebagai salah satu sarana untuk menghindari dan menjauhkan diri dari bencana atau musibah (kolo) di wilayah Desa Karangduwet, maka Pemerintah Desa Karangduwet  mengadakan kegiatan “Bersih Desa”.

Kegiatan ini, sebagai bentuk tradisi masyarakat Desa Karangduwet yang selalu dilaksanakan setiap tahun yang bertujuan untuk membersihkan diri dari sifat iri hati, dengki, sombong, congkak, tinggi hati serta perbuatan – perbuatan yang melanggar hukum negara maupun hukum adat masyarakat serta membersihkan lingkungan dari berbagai halangan sehingga mampu tercipta suasana lingkungan yang aman, tertib, dan sejahtera dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat.

Dalam acara Bersih Desa ini akan dilaksanakan berbagai kegiatan tradisional sebagai wujud rasa syukur kepada Yang Maha Pencipta. Dimulai dengan kegiatan  kesenian tradisional  yaitu pentas seni reog dan Jathilan warga desa Karangduwet, yang kemudian dilanjutkan dengan   Pagelaran Pentas Seni Wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Hadi Suprojo dari Magelang dengan lakon " BIMO MANEGES " sebagai puncak kegiatan “Bersih Desa / Rasul ”.

Dokumen Lampiran : Kegiatan Bersih Desa / Rasul Desa Karangduwet


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar