Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya Kalurahan Karangduwet

Administrator 19 November 2020 12:52:08 WIB

Karangduwet, 19 November 2020 di aula balai kalurahan karangduwet telah dilaksanakan gelar potensi rintisan kalurahan budaya kalurahan karangduwet yang mengangkat tema " Karangduwet Gumbregan"

kalurahan karangduwet sebagai kalurahan rintisan budaya secara berkala menginventarisasi kekayaan budaya dan berbagai cara pelestariannya. banyak potensi budaya yang berada di kalurahan karangduwet yang notabene merupakan budaya yang diwariskan secara turun temurun.  beberapa budaya yang telah hilang sejak lama kembali diinventarisir dan secara turun temurun.

gumbregan merupakan upacara adat yang bertujuan untuk memanjatkan puji syukur kepada tuhan dan nabi sulaiman atas hewan hewan raja kaya seperti kuda, sapi, kambing dan sebagainya yang sering digunakan untuk membantu petani dalam hal pengolahan pertanian seperti membajak, dll. adapun beberapa rangkaian sesaji untuk upacara gumbregan  yaitu jadah, among among , brokohan, aneka kupat, jenang katul. puncak acara gumbregan pada akhir doa yang dibacakan oleh pemimpin doa yang diakhiri dengan makan bersama dan berteriak " surakyun" sedangkan jenang katul dibawa pulang untuk diberikan kepada hewan piaraannya dan kupak serta pala kependam dipasang di pintu kandang.

Dokumen Lampiran : Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya Kalurahan Karangduwet


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar