Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan

Administrator 27 Oktober 2021 09:20:03 WIB

KARANGDUWET, Selasa 26 Oktober 2021 di balai kalurahan karangduwet telah dilaksanakan sosialisasi program BPJS ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan kabupaten gunungkidul.

sosialisasi ini dikususkan untuk Bamuskal, PKK, Karang Taruna, LPMKal, RT RW dan Linmas kalurahan karangduwet.

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan

1. Sebagai jaminan kecelakaan kerja (JKK)

Tak ada yang bisa memprediksi jika terjadi kecelakaan kerja. Meskipun dilengkapi dengan peralatan keselamatan, namun tak menjamin kejadian ini bisa menimpa siapa pun. Fungsi dari BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah menjamin karyawan yang terdaftar program ini mendapatkan pelayanan kesehatan dan santunan uang tunai jika menderita penyakit akibat kerja atau mengalami kecelakaan kerja.

Risiko kecelakaan kerja tersebut terhitung dari karyawan pergi dan pulang kerja. Keseluruhan iuran pun menjadi tanggung jawab perusahaan.

2. Sebagai jaminan hari tua (JHT)

Fungsi yang satu ini adalah, berupa jaminan yang bisa diterima oleh karyawan setelah memasuki usia pensiun. Program ini tentu bertujuan agar karyawan mendapatkan uang tunai setelah masa kerja selesai, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

3. Sebagai jaminan pensiun

Perbedaan jaminan pensiun dan jaminan hari tua adalah, jaminan pensiun baru dibayarkan selama per bulan maksimal hingga 180 bulan sejak masa kerja karyawan selesai atau pensiun. Jaminan ini berfungsi untuk menjamin karyawan memiliki kelayakan hidup setelah berkurangnya penghasilan. Iuran pun bisa diturunkan ke anak karyawan yang menjadi peserta, bila karyawan meninggal.

4. Sebagai jaminan kematian (JKM)

Jaminan yang satu ini, berupa bantuan dana jika karyawan yang terdaftar meninggal bukan karena kecelakaan kerja. Santunan biasanya akan diberikan langsung kepada ahli waris dari peserta.

Dokumen Lampiran : Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar