Pertemuan Rutin Kader dan Rembuk Stunting

Administrator 08 Juni 2022 12:11:33 WIB

karangduwet, 08 juni 2022 bertempat di balai kalurahan karangduwet telah dilaksanakan pertemuan rutin kader kalurahan karangduwet, adapun pertemuan rutin ini membahas tentang :

1 laporan bulanan

2 percepatan stunting

pengertian stunting

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kurangnya asupan gizi yang berulang, infeksi berulang, dan pola asuh yang tidak memadai terutama dalam 1.000 HPK.

Anak tergolong stunting apabila lebih pendek dari standar umur anak sebayanya. Standar panjang atau tinggi badan anak dapat dilihat pada buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

penyebab stunting

Penyebab langsung, adalah akibat rendahnya asupan gizi dan status kesehatan pada anak.

Penyebab tidak langsung, dipengaruhi oleh berbagai faktor, meliputi pendapatan dan kesenjangan ekonomi, perdagangan, urbanisasi, globalisasi, sistem pangan, jaminan sosial, sistem kesehatan, pembangunan pertanian, dan pemberdayaan perempuan

sasaran pencegahan stunting

  • Sasaran prioritas konvergensi pencegahan stunting adalah ibu hamil dan anak usia 0-23 bulan atau rumah tangga 1000 HPK, sebagai masa yang paling kritis  dalam tumbuh kembang anak.
  • Selain kategori sasaran prioritas pencegahan stunting pada 1000 HPK, terdapat kategori sasaran penting yaitu anak usia 24-59 bulan, wanita usia subur dan remaja putri

3 pembahasan KB MOW

4 Pembahasan BPJS

kartu BPJS bisa di cek di kalurahan karangduwet masih aktif atau tidak kemudian bisa di urus apabila BPJS non aktif

Dokumen Lampiran : Pertemuan Rutin Kader dan Rembuk Stunting


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar