"Reog Nawangsih: Tradisi yang Mengakar dalam Kehidupan Sosial Surulanang"

Administrator 23 Agustus 2024 09:58:57 WIB

Kesenian selalu terkait erat dengan masyarakat. Sebagai elemen penting dalam kebudayaan, kesenian merupakan bentuk ekspresi kreativitas dari kebudayaan itu sendiri. Masyarakat yang mendukung kebudayaan, sekaligus kesenian, menciptakan ruang untuk bergerak, melestarikan, menularkan, dan mengembangkan, sehingga memungkinkan terciptanya kebudayaan baru.

Seiring berjalannya waktu, seni tradisional di dusun Surulanang, Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul ini tetap melestarikan kesenian ini dan dikembangkan serta dipertahankan untuk berbagai tujuan tertentu, seperti untuk memohon keselamatan dan kepentingan bersama.

Dalam masyarakat, Reog Nawangsih memiliki tujuan, kepentingan, dan manfaat yang erat kaitannya dengan kehidupan sosial. Selain sebagai hiburan, Reog Nawangsih juga memenuhi berbagai kebutuhan lainnya. Reog ini sering dipentaskan dalam acara-acara seperti pernikahan, khitanan, pembukaan, peresmian gedung, acara bersih desa, dan perayaan kemerdekaan Indonesia, yang semuanya mengandung nilai-nilai sosial yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar