" JAGUNG" bisa di sulap menjadi berbagai olahan Makanan oleh TP PKK Desa Karangduwet

Administrator 18 Februari 2020 10:06:05 WIB

Karangduwet, Minggu 16 Maret 2020 di balai desa karangduwet ibu-ibu TP PKK desa karangduwet dan PKK Di 8 dusun desa karangduwet memberikan inovasi olahan makanan yang berbahan dasar pokok jagung.

olahan berbagai makanan ini di lombakan oleh KKN UNES ( Universitas Sebelas Maret ) sebelum mengolah makanan dari bahan dasar jagung, Ibu TP PKK Diberikan workshop terlebih dahulu oleh KKN UNES.

Pangan Lokal yang Kaya Manfaat

Mungkin karena ketidaktahuan masyarakat, membuat jagung tidak sepopuler nasi padi dalam fungsinya sebagai makanan pokok. Padahal, peran jagung di ragam pangan lokal sangat bisa diolah sebagai makanan pokok sehari-hari alias bisa menjadi teman makan sehari-hari dengan lauk-pauk dan sayur seperti biasa. Jangan heran bila seseorang yang rutin mengonsumsi makanan berbahan dasar jagung akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Ini dia beberapa manfaatnya:

1.Memperbaiki pencernaan. Karena banyak mengandung serat, wajar saja bulir-bulirnya sangat bermanfaat. Misalnya mencegah sembelit wasir, bahkan dapat menurunkan risiko kanker usus.

2.Kaya mineral. Kandungan magnesium, tembaga besi, dan fosfor yang ada dalam bulirnya sangat bermanfaat untuk tulang dan meningkatkan fungsi ginjal.

3.Nutrisi bagi kulit. Hasil penelitian menyebutkan bahwa jagung kaya akan antioksidan yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda. Selain itu, minyaknya merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Tepung jagung juga berguna untuk meredakan iritasi pada kulit.

4.Mencegah anemia. Adalah salah satu manfaat jika kita mengonsumsi jagung. Vitamin B dan asam folat yang dalam bulir jagung dapat meningkatkan sel darah merah yang berkurang karena seseorang terkena penyakit anemia.

5.Anda yang terkena kolesterol, tidak usah khawatir. Kolesterol yang diproduksi di dalam hati tidak akan bermasalah jika Anda rutin mengonsumsi panganan berbahan jagung. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Ibu hamil sangat terbantu kesehatannya jika mengonsumsi panganan berbahan dasar jagung karena jagung menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari dari cacat lainnya.

Nah, Anda baru tahu kan, kandungan hebat kaya manfaat dalam bulir-bulir jagung. Sekarang, gerakan untuk kembali mencintai pangan lokal nonberas dan nonterigu ini sudah mulai merebak di nusantara.

Dokumen Lampiran : " JAGUNG" bisa di sulap menjadi berbagai olahan Makanan oleh TP PKK Desa Karangduwet


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar